pages

Minggu, 26 Februari 2012

Asupan Yang Dapat Meningkatkan Dan Menurunkan Performa Otak

Berikut adalah beberapa jenis makanan yang dapat meningkatkan dan menurunkan performa otak kita:
1. Untuk memori jangka pendek

   Konsumsi: Kopi
  Kopi yang baru dimasak adalah bahan bakar otak yang utama. Kafein telah terbukti memperlambat proses penuaan dan meningkatkan performa memori jangka pendek. Dalam sebuah studi, para peneliti dari Inggris mendapati bahwa secangkir kopi saja dapat membantu memperbaiki perhatian dan kemampuan memecahkan masalah.

Hindari: Energy drinks atau terlalu banyak kopi

Pernah mendengar prinsip "yang terlalu banyak pasti tidak baik"? Jika Anda mengonsumsi terlalu banyak kafein, misalnya minum beberapa cangkir, atau koktail yang merupakan ramuan energy drink dengan minuman lain, akan mengacaukan jadwal tidur Anda. Tidur adalah waktu untuk memulihkan energi, jadi sebaiknya Anda tidak mengacaukannya.

2. Untuk memori jangka panjang

    Konsumsi: Blueberry
   Kandungan antioksidan dalam blueberry membantu melindungi otak dari kerusakan akibat  radikal bebas, dan mengurangi risiko penyakit saraf seperti alzheimer dan parkinson. Buah mini ini juga memperbaiki proses kognitif (seperti berpikir). Blueberry liar bahkan memiliki lebih banyak antioksidan daripada jenis yang dibudidayakan. Blueberry biasanya masak pada bulan Juli.

Hindari: Blueberry yang belum masak

Jika saat ini belum musim blueberry, belilah yang dalam kemasan beku. Freezer akan menahan cita rasa dan gizinya. Jenis yang masih pucat, dan yang harganya masih mahal karena belum musimnya, biasanya akan matang di truk pengangkut sehingga kandungan nutrisinya tidak sebaik yang matang di pohon.

3. Untuk berpikir lebih cepat

    Konsumsi: Salmon atau tenggiri 
   Kandungan asam lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan membentuk jaringan otak sehingga akan meningkatkan kemampuan berpikir Anda. Salmon juga kaya niacin, yang dapat membantu menangkis penyakit alzheimer dan memperlambat penurunan fungsi kognitif.

Hindari: Ice cream padat lemak

Tidak semua lemak diciptakan setara. Hati-hati dengan makanan yang tinggi kadar lemak jenuh, yang dapat menyumbat pembuluh darah dan mencegah aliran nutrisi dan darah ke otak. Singkatnya, ice cream bukan merupakan makanan yang menyehatkan otak.

4. Untuk berkonsentrasi 
    Konsumsi: Teh peppermint

  Menurut para peneliti, aroma peppermint membantu Anda fokus dan mendongkrak performa kerja. Sebuah studi juga mendapati bahwa peppermint membuat para pengemudi lebih waspada dan mengurangi rasa gelisah.

Hindari: Permen

Makanan yang mengandung gula menimbulkan penambahan kadar glukosa yang tiba-tiba. Dalam jangka panjang, menyebabkan gula naik dan turun, yang menyebabkan pikiran menjadi kabur. Untuk itu, Anda perlu menghindari semua jenis makanan yang mengandung gula.


Mudah-mudahan tips ini berguna untuk kalian semua.
SELAMAT MENCOBA J

15 komentar:

  1. boleh di coba tuuu supaya kinerja otak kita makin cepat dan jadi orang yang pandai

    BalasHapus
  2. @kang anom: :D siiip deh...

    BalasHapus
  3. wah banyak pantanganya deh kalo gini...nice info sob...keep bloging..

    BalasHapus
  4. Berkunjung dan membaca info yang bermanfaat :D

    BalasHapus
  5. Perlu dicoba nih, kadang2 otak saya susah mikir, padahal ada online job yg harus diselesaikan segera...

    BalasHapus
  6. sayang gak bisa makan blueberry....

    BalasHapus
  7. wahh.. di tempat ane, nyari salmon dimana ya.?? :D

    BalasHapus
  8. kunjungan perdana di sini dan mantep artikelnya kawan :)

    BalasHapus
  9. wah info yang bagus kawan, tapi juda ada dampaknya ya ... :) dan kunjungan perdana di sini

    BalasHapus
  10. wah mantapp broo
    artikelnya ,,,, bsa di tes nie :D

    ank SMK 1 yaa :D

    BalasHapus
  11. terima kasih telah berbagi mas.

    BalasHapus