pages

Sabtu, 10 Maret 2012

Akibat Dari Terlalu Sering Mengupil

Dalam hidup setiap orang pasti pernah mengupil, mengupil adalah suatu usaha mengeluarkan kotoran yang ada di hidung, tapi jangan terlalu sering karena bisa 
berakibat terkena penyakit hingga meninggal. Ini dia akibat dari terlalu sering mengupil:
1.  Mudah terkena flu Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.
2. Mimisan Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa menyebabkan kerusakan pada      lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.
3. Infeksi Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.
4. Merontokkan rambut hidung Ketika mengupil secara konsisten dna terus menerus akan menyebabkan rambut hidung rontok. Padahal rambut ini memiliki fungsi penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.
5. Bisa meninggal Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis. Meningitis adalah radang membran pelindung yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang, yang dikenal secara kolektif sebagai meninges. Meningitis dapat mengancam jiwa karena kedekatannya peradangan untuk otak dan sumsum tulang belakang, sehingga kondisi ini diklasifikasikan sebagai suatu keadaan darurat medis.
Sebenarnya Cuma masalah sepele tapi berujung kematian, Semoga bermanfaat bagi kalian.

3 komentar:

  1. wahhh.. ane baru tau.. ternyata keseringan ngupil jg ada efek sampingnya ya.?? :D

    BalasHapus
  2. "True love stories never have endings. "Suporting back.

    BalasHapus
  3. buset dah,, serem amat cuma ngupil bikin mati -_-

    BalasHapus